- Admin
Keunggulan dan kelemahan Transmisi Kopling Ganda

Sumber pexels.com
Apa itu transmisi kopling ganda? Ini adalah pertanyaan yang tidak banyak orang mengerti kecuali mereka berada di industri motor. Ada penjelasan sederhana tentang apa itu sebenarnya sehingga Anda dapat memahami fungsi dasar dari komponen ini. Transmisi kopling ganda terutama digunakan untuk kotak roda gigi otomatis. Kopling ini menggunakan dua cengkeraman terpisah untuk odd tool set dan even tool set.
Keuntungan dari kit kopling jenis ini adalah Anda dapat mempercepat dan memperlambat lebih cepat karena memiliki dua cengkeraman. Selain itu, karena tenaga mesin yang luar biasa, sehingga tidak menimbulkan penundaan. Sistem bereaksi lebih cepat daripada manusia karena elektronika yang kompleks. Transmisi kopling ganda juga memiliki tenaga yang lebih besar dibandingkan mobil manual.
Satu-satunya kelemahan utama memiliki transmisi kopling ganda di mobil Anda adalah harganya. Mengganti sistem jenis ini membutuhkan keterampilan. Ini adalah sistem kit kopling rumit yang membutuhkan pengetahuan elektronik dan mekanis.
Transmisi kopling ganda juga dikenal sebagai transmisi semi otomatis. Transmisi ini menyediakan fungsionalitas dua transmisi manual menjadi satu. Setelah pengemudi berpindah dari satu gigi ke gigi lain pada mobil stick shift biasa, hal pertama yang harus dilakukan adalah menekan pedal kopling. Ini akan memutuskan mesin dari kotak roda gigi dan pada saat yang sama akan memutuskan arus dari transmisi.
Pengemudi menggunakan tongkat pemindah gigi untuk memilih gigi baru saat kecepatan meningkat dan torsi menurun, yang akan melibatkan pemindahan kerah bergigi dari roda gigi ke roda gigi lain yang memiliki ukuran berbeda. Selanjutnya ada alat bernama syncronizer yang membantu mencocokkan roda gigi agar tidak terjadi gerinda. Secara mekanis, ini memastikan bahwa roda gigi terpasang.
Kit kopling mencakup pelat tekanan cakram atau pegangan; meskipun beberapa kit kopling memiliki busing pilot atau bantalan pilot. Semua item ini memiliki fungsi khusus yang disertakan dalam kit kopling.
Aliran tenaga dari mesin ke roda tidak ada pada transmisi manual konvensional. Selama perpindahan gigi, daya akan hidup dan mati kemudian kembali lagi. Hal ini akan menyebabkan shock shift atau yang disebut dengan torque interrupt. Elektronik dan hidraulik yang canggih mengontrol cengkeraman seperti pada transmisi otomatis standar. Kopling beroperasi secara individual saat menggunakan transmisi kopling ganda, satu akan mengontrol gigi ganjil dan yang lain akan mengontrol gigi genap.
Sumber EzineArticles.com